Layanan Call Center Bansos Mulai Dimanfaatkan Warga Sukabumi

SUKABUMI — Warga Sukabumi banyak yang mengaku belum mendapatkan bantuan sosial (Bansos) terdampak Covid-19. Hal tersebut terlihat dari keluhan mereka yang disampaikan melalui layanan call center Pemkot Sukabumi. Nantinya aduan warga itu akan dilakukan verifikasi serta segera diberikan bantuan bila memang berhak dan belum memperoleh bantuan.

Sebelumnya, Pemkot Sukabumi berupaya menyisir warga terdampak Covid-19 yang belum mendapatkan bansos dari pemerintah pusat dan provinsi. Salah satu caranya dengan menggulirkan inovasi dengan meluncurkan call center Halo Sosial Dinas Sosial yakni 0266-245223 serta Whatsapp (WA) 0857 2271 0261.

Sementara bansos sembako dari Pemerintah Kota Sukabumi untuk warga terdampak Covid-19 mulai disalurkan Selasa 12 Mei 2020. “Warga yang mengakses layanan call center Halo Sosial mulai banyak,” tutur Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kota Sukabumi Rita Handayani, Kamis (14/5).

Tercatat sampai Kamis telah ada sebanyak 120 orang warga yang mengakses. Nantinya laporan dari warga akan dilakukan verifikasi oleh petugas di lapangan apakah berhak atau tidak mendapatkan bantuan.

Termasuk dicek apakah telah mendapatkan bantuan bansos pemerintah pusat dan provinsi serta sembako kota. Selepas langkah verifikasi serta dinyatakan berhak, maka akan disalurkan bansos sembako dari Pemkot Sukabumi.

“Kami launching layanan call center Halo Sosial dinas sosial untuk memudahkan warga melapor,” imbuh Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19.

Selain itu aplikasi atau website penanangan Covid-19 yang didalamnya dapat mengecek warga yang mendapatkan bansos yakni www.covid19.sukabumikota.go.id, yang saat ini masih penyempurnaan.

Dalam website ini kata Fahmi, warga dapat melihat menu dirinya mendapatkan bantuan atau tidak. Ketika warga terdampak tapi tidak ada namanya, maka bisa mengontak Halo Sosial Dinsos yang disiapkan untuk warga terdampak.

“Laporan itu akan ditindaklanjuti dengan verifikasi, serta ketika dianggap layak akan diberikan bantuan serta tetap terverifikasi di wilayah,” kata dia. Intinya ketika warga tidak mendapatkan bantuan dari pusat serta provinsi maka akan diberikan bansos Pemkot Sukabumi.

Sebelumnya, bansos sembako dari Pemerintah Kota Sukabumi untuk warga terdampak Covid-19 mulai disalurkan Selasa (12/5). Pemberian bantuan sebanyak 10 ribu paket sembako ini akan diberikan secara bertahap dan sebelum Idul Fitri sudah tersalurkan semuanya. (rol)

Lihat Juga...