Pemdes Bojongkembar Bantu Warga Terdampak Covid-19 dari BLT DD 2020

CIKEMBAR — Pemerintah Desa (Pemdes) Bojongkembar Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) 2020 Jum’at, (15/05). Dari informasi yang diperoleh terdampat 144 Kepala Keluarga (KK) sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mendapatkan bantuan tersebut.

Penyaluran BLT DD tersebut dipimpin langsung Kepala Desa Bojongkembar Solehudin Wahid dibantu perangkat desa dan relawan per wilayah di seitiap RW.

Kepala Desa Bojongkembar Solehudin Wahid didampingi Bendahara Desa Bojongkembar Dewi mengatakan, penyaluran BLT DD 2020 ini dibagikan secara terbuka dan transparan. “Pembagiannya kami lakukan langsung door to door kepada warga penerima manfaat. Selain itu, kami memberikan sosialisasi terkait apa itu virus corona, bagaimana cara penanganannya dan apa bahayanya bagi warga,” kata Solehudin kepada www.sukabumizone.com Minggu, (17/05).

Menurutnya, nominal yang diterima per KK Rp 600 ribu, dan akan disalurkan selama tiga bulan. “Hari ini baru kita salurkan satu bulan, selanjutnya menunggu pencairan berikutnya,” jelas Solehudin.

Menurutnya, BLT merupakan momentum yang sangat baik untuk membantu warga kurang mampu di tengah pandemi Covid-19. Banyak warga kehilangan mata pencaharian akibat wabah ini. Sehingga, salah satu tujuan utama BLT adalah memenuhi kebutuhan harian warga agar dapat meningkatkan daya beli di tengah wabah corona.

“Namun, meski BLT DD 2020 ini sasarannya warga miskin tetap tidak boleh tumpang tindih (Overlapping) dengan bantuan lain. Selain itu, Kami berharap seluruh warga penerima bantuan mempergunakan uang ini sesuai peruntukannya. Ya, terutama untuk kebutuhan pangan,” imbuhnya.

Tentunya sebagai Kades tandas Solehudin, pemdes akan terus mengingatkan dan mengimbau warga agar bersama-sama bergotong royong memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“Salah satunya dengan cara mengikuti imbauan pemerintah dan protokol kesehatan. Seperti, menciptakan pola hidup sehat, sering mencuci tangan pakai deterjen, jaga jarak, selalu menggunakan masker setiap beraktivitas,” pungkasnya. (Andi)

Lihat Juga...