Palang Merah Amerika Dukung Kota Sukabumi Cegah Covid-19

SUKABUMI — Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Sukabumi, terus dilakukan. Salah satunya, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi berupaya memaksimalkan pelayanannya dalam rangka membantu pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

PMI Kota Sukabumi melalui dukungan PMI Pusat, Palang Merah Amerika (Amcross) dan USAID memberikan bantuan sebanyak 10 unit wastafel portabel, 300 paket PHBS/covid kit, 25 set APD, dan 2.000 Masker kain yang merupakan hasil produksi relawan siaga bencana berbasis masyarakat (SIBAT). Penyerahan dilakukan Kamis (28/5) di Balai Kota Sukabumi yang diterima Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

“PMI berupaya memaksimalkan keberadaannya terutama membantu pemerintah dalam upaya pencegahan serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Sukabumi,” kata Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo.

Misalnya PMI Kota Sukabumi melalui dukungan PMI Pusat, Palang Merah Amerika (Amcross) dan USAID menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi untuk selanjutnya akan disalurkan PMI kepada masyarakat terutama di wilayah program saat ini.

Selain itu, ke depannya PMI juga akan mengerahkan relawannya untuk melakukan edukasi kepada masyarakat dua kali dalam sepekan. Hal itu terkait upaya pencegahan serta penanggulangan Covid-19 di wilayah saat ini dengan melakukan woro-woro dan siaran kampanye keliling dengan kendaraan yang sudah disiapkan.

Sejumlah upaya ini, kata Suranto, sebagai bentuk komitmen serta kerja keras PMI dalam rangka membantu pemerintah. Ia berharap dengan kolaborasi bersama berbagai dukungan semua pihak, kondisi penyebaran pandemi Covid-19 kini akan segera berakhir.

”Pemkot bersyukur PMI bersinergi dengan pemerintah dalam penanganan Covid-19 dan cepat turun ke masyarakat,” kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Langkah PMI ini jadi penyemangat bagi pemkot karena kolaborasi ini penting sebab tidak mungkin hanya pemerintah dalam menangani butuh dukungan dari semua elemen.

Menurutnya, kolaborasi itu dapat terus dilakukan di fase selanjutnya sehingga dapat memberikan edukasi kepada warga bahwa new normal bagian tidak terpisahkan di masa mendatang. Di mana dukungan dari PMI semakin membuat Sukabumi pulih sediakala terlebih Sukabumi masuk level 2 atau warna biru. (rol)

Lihat Juga...