Junjung Asas Transparansi Anggaran, Pemdes Cibatu Gelar Sosialisasi DD 2020

CIKEMBAR — Demi menjaga transparansi, menghindari kecemburuan sosial dan pikiran negatif, Pemerintah Desa (Pemdes) Cibatu Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, gelar Sosialisasi Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2020 di Aula Desa Cibatu Senin, (29/06).

Dari data yang dihimpun www.sukabumizone.com menyebutkan, acara tersebut dihadiri dari berbagai unsur seperti, Camat Cikembar, Babinsa, Perangkat desa, Pendamping Lokal Desa (PLD)
Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Lembaga Kemasyaratan Desa (LKM), MUI Desa Cibatu, Badan Penaggulangn Bencana Desa (BPBD) RT, RW dan lainya.

Kepala Desa (Kades) Cibatu Ijang Rodja mengatakan, sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan pengarahan serta pengertian kepada warga tentang kegiatan yang selama ini dilaksanakan dalam kondisi pandemi covid-19.

“Dari 10 desa se-Kecamatan Cikembar, mungkin baru di desa kami yang melakukan kegiatan ini. Dan tujuan inti dari acara sosialisasi ini tiada lain, untuk memberikan penjelasan kepada warga tentang DD dari mana asalnya dan dialokasikan kemana selama masa pandemi covid-19. Sehingga masyarakat tidak selalu bertanya, kanapa kami tidak kebagian bantuan dan kenapa gak ada pembangunan bukannya semua sudah dirancang dan dimasukan di RKP, maka dari itu kami melaksanakan sosialsisasi ini, ” kata Ijang kepada www.sukabumizone.com Senin, (29/06).

Selain itu Camat Cikembar Tamtam Alamsyah, menjelaskan, bawah pihak Pemdes hanya mejalankan tugas sesuai dengan aturan-aturan yang sudah ditentukan pemerintah. “Sebetulnya Kades dan Perangkat desa lainya hanya menjalankan tugas sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pagu) dan perturan-perturan pemerintah lainnya. Sehingga, seluruh bantuan baik itu dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten, kemensos, DD dan lainya itu tidak mungkin bisa dikorupsi, karena semua tindakan itu diatur melalui proses yang panjang sampai di akhir penyaluran kepada seluruh warga,” jelasnya.

Ia berharap, warga mengerti, paham dan tidak berandai-andai kepada pihak pemdes. “Mudah-mudahan, dengan memberikan pengertian serta pemahan melalui kegiatan ini, semua warga mengetahui bagaimana alur dan proses kerja pemdes yang selama ini yang jadi gunjinga di semua unsur, ” pungkasnya.(Kusnandar)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan