Juli 2020, SMP serta SMP Sukabumi Mulai Pendidikan Tatap

SUKABUMI — Pemerintah Kota Sukabumi Jawa Barat, memulai pendidikan tatap muka di tingkat SMP dan SMA pada pertengahan Juli 2020 mendatang. Hal ini berdasarkan konsultasi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Selasa (30/6).

“Kami telah konsultasi dengan gubernur termasuk yang berhubungan dengan dunia pendidikan,” kata Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi di Balai Kota Sukabumi.

Namun tutur Fahmi, proses pendidikan dibagi dua fase masa transisi serta kebiasaan normal kembali. Di masa transisi ini secara berjenjang akan dibuka untuk pertama sekolah menengah pertama (SMP) serta sekolah menengah atas (SMA). Sementara SD dan PAUD belum dibuka pendidikan tatap muka. Tapi ketika melihat sampai dua bulan kondisi sudah membaik, akan dilanjutkan jenjang SD serta jika bagus akan dilanjutkan PAUD.

Intinya pembukaan berdasarkan jenjang akan dibuka secara bertahap. Di sisi lain, setiap kelas sebagaimana arahan dari provinsi 50 persen dari kapasitas ruang kelas.

Fahmi menjelaskan, proses pembelajaran dilakukan bergantian, ada yang tatap muka serta daring. Misalnya pada hari ini ada yang tatap muka serta yang lain daring.

Lebih lanjut ia mengatakan, protokol kesehatan tetap dilakukan tidak hanya menggunakan masker. Namun para siswa juga menggunakan face shield.

Sekolah kata Fahmi, wajib menyediakan wastafel portabel yang disediakan jumlahnya disesuaikan dengan jumlah rombongan belajar. Selain itu secara rutin setiap dua hari sekali penyemprotan disinfektan di sekolah yang telah melakukan tatap muka.

Untuk menyiapkannya, pihaknya sudah konsultasi dengan gubernur. Selanjutnya akan disiapkan sekolah dengan sarana memadai yang akan dibuka pada 13 Juli.

Selain pendidikan tutur Fahmi, sektor lainnya yang jadi perhatian yakni transportasi, jasa, perdagangan, serta area publik. “Di mana sesuai arahan gubernur sudah boleh buka akan tetapi pembatasan tetap dilakukan seperti buka operasional, penerapan protokol kesehatan minimal gunakan masker dan jaga jarak,” pungkasnya. (rol)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan