Dua Jongko di Jalan RA Kosasih Hangus Terbakar

SUKABUMI — Dua lapak pedagang di Jalan RA Kosasih RT 04 RW 18 Desa Sukaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jumat (31/7) siang terbakar. Beruntung kebakaran tidak merembet ke permukiman warga sebab berhasil dipadamkan petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kota Sukabumi.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menyebutkan, kebakaran terjadi sekitar pukul 11.45 WIB. Ada dua kios atau lapak pedagang kelapa serta tambal ban yang terbakar. “Kobaran api dapat dipadamkan Damkar Kota Sukabumi pukul 12.15 WIB,” kata Kepala Unsur Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Asep Suhendrawan.

Total kerugian akibat kejadian itu sekitar Rp 10 juta. Hingga kini kata Asep, belum diketahui penyebab atau asal mula kebakaran. Hal itu dikarenakan posisi kios dalam keadaan tutup.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami menambahkan, jongko yang terbakar setinggi dua meter berdiri di atas trotoar berada di Jalan RA Kosasih RT 04 RW 18 Sukaraja tepatnya di sebrang ex Giant serta masuk wilayah Kabupaten Sukabumi. Ukuran jongko kurang lebih 2 meter x 10 meter serta yang terbakar dua jongko yang saling berdempetan.

“Merembetnya cepat karena jongko tersebut dari bahan bahan kayu yang mudah terbakar serta sudah padam meninggalkan puing puing sisa-sisa terbakar di atas trotoar,” ujarnya. Dari keterangan di lapangan, api muncul tiba-tiba dari jongko samping yang jualan makanan kelapa lalu tiba tiba membesar membuat terkejut warga.

Selanjutnya, petugas Damkar Kota BPBD Kota Sukabumi mengerahkan empat kendaraan serta dari kabupaten Sukabumi juga datang dengan armada untuk melakukan pemadaman. Total personil kurang lebih 17 orang untuk melakukan pemadaman kebakaran.

Pada saat kebakaran, warung kosong karena belum beroperasi sehingga tidak ada barang-barang berharga yang terbakar. Tapi ditaksir data sementara kerugian mencapai Rp 10 juta.(rol)

 

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan