Pemdes Cimanggu Bersama KKM Sampalan Realisasikan Pembangunan Pamsimas 2020

CIKEMBAR — Pemerintah Desa (Pemdes) Cimanggu Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, melalui Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Sampalan Naghiji gulirkan anggaran Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) sebesar Rp.246.000.000 untuk pembangunan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Kampung Sampalan RT02/07 Dusun Tangkil Kamis, (06/08).

Kepala Desa (Kades) Cimanggu Baenuri Samsi melalui Koordinator pembangunan Hendi Sudiana mengatakan, progaram pamasimas tersebut bersumber dari BLM Provinsi Jawa Barat yang langsung diberikan kepada KKM Sampalan Ngahiji. “Untuk anggaran yang kami realisasikan tidak semua langsung diberikan, tetapi secara bertahap sesuai kebutuhan yang akan dikerjakan,” kata Hendi kepada www.sukabumizone.com Kamis, (06/08).

Ia menjelaskan, untuk pengerjaan pembangunan pamsimas dari nol sampai saat ini, sudah berjalan 21 hari dengan target 90 hari kerja. “Pengerjaan bangunan Panjang 4 meter, Lebar 4 meter dan tinggi 9 meter yang akan menampung sekitar 12 kubik debit air ini, baru mencapai 40 persen yang di kerjakan oleh 7 sampai 10 Orang, terkecuali kalo lagi pengecoran itu bisa lebih banyak orang,” jelasnya.

Lanjut Hendi, tujuan pembangunan pasimas tersebut yakni untuk mendekatkan sumber mata air Cikahuripan yang berada di kawasan perusahaan untuk di alirkan kesetiap rumah penduduk. “Sebelum nya masyarakat kami mengabil ari bersih dari Cikahuripan ini harus mempuh jarak 700 meter pada saat musim kemarau, maka dari itu kami membangun pamsimas ini,” tuturnya.

Ia berharap, dengan adanya pamsimas itu mayarakat tidak lagi kesulitan mencari air bersih untuk kebutuhan sehati-hari. “Mudah-mudahan, setelah pembangunan ini tuntas selurhnya, masyarakat benar-benar terbantu kebutuhan air bersihnya. Dan untuk perawatan kami meminta untuk bisa bekerjasama dari semua lapisan masyarakat agar tetap terjaga dan tahan lama,” pungkasnya. (Kusnandar)

Lihat Juga...