Wabup Sukabumi Ikuti Rakorsus Virtual Tingkat Menteri

SUKABUMI KAB — Wakil Bupati Sukabumi H.Adjo Sardjono ikuti Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Tingkat Menteri melalui Video Converence, di Pendopo Jalan Ahmad Yani. Kamis (13/8).

Rakorsus Daring juga diikuti Gubernur, Forkopimda, Assda 1, BPDB, Bagian Hukum dan Bagian Tapem se-Indonesa.
Menurut Menteri Dalam Negeri H. Tito Karnavian menjelaskan bahwa Penerbitan Inpres no. 6 tahun 2020 untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan.

“Sebagai payung hukum dari pemerintah pusat dan daerah untuk meningkatkan kesadaran dan disiplin masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran pandemi,” jelasnya.

Selain itu, Kemendagri menambahkan bahwa secara struktural beberapa menteri di tugaskan sesuai Inpres no 6 tahun 2020.
“Sehingga untuk Gubernur, Bupati dan Walikota diminta untuk meningkatkan sosialisasi secara masif terkait penerapan protokol kesehatan dan menyusun serta menerapkan peraturan tentang kewajiban, perlindungan, dan sangsi dalam menaati peraturan protokol kesehatan,” tegasnya.

Mendagri menghimbau untuk Kepala Daerah untuk mengambil langkah dalam melaksanakan sosialisasi protokol kesehatan secara masif dan menyusun Perkada tentang penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid 19.

“Untuk itu dalam menyusun Perkada harus memperhatikan dan disesuaikan dengan kearipan lokal di daerah masing masing, dan bagi Gubernur agar memberikan pendampingan kepada Bupati/Walikota di wilayahnya untuk melakukan sosialisasi Protokol kesehatan dan penyusunan peraturan Bupati/Walikota,” imbaunya.

Usai mengikuti Rakor. H. Adjo Sardjono mengatakan, rakor tersebut sebagai arahan agar semua pihak terlibat dalam pencegahan covid 19. Selain itu, terus menyosialisasikan peningkatan disiplin penerapan protokol kesehatan sebagai wujud adaptasi kebiasaan baru.

“Rakor hari ini membahas strategi pencegahan pencegahan penyebaran covid 19 di semua jenjang pemerintah,” ujarnya.

Di Kabupaten Sukabumi sendiri, sosialisasi terus dilakukan. Mulai dari penggunaan masker, jaga jarak, dan pembiasaan mencuci tangan.

“Kita terus gencarkan sosialisasi penerapan protokol kesehatan ke masyarakat dengan melibatkan berbagai unsur,” pungkasnya. (Heri)

Lihat Juga...