Puluhan Hektare Sawah di Desa Parakanlima Terancam Gagal Panen

“Saluran Irigasi Cibodas Jebol”
CIKEMBAR — Saluran Irigasi Cibodas di Desa Parakanlima Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, jebol tergerus tanah longsor belum lama ini. Akibatnya, puluhan hektare sawah di desa tersebut terancam gagal panen.

Kepala Desa Parakanlima Mirwanda Yamami mengatakan, saluran Irigasi Cibodas berada tepat di titik lokasi pergerakan tanah yang cukup luas di area tersebut. Namun, sebelumnya pemdes telah melakukan berbagai langkah agar saluran air yang mengairi puluhan hektare sawah itu kembali normal.

“Saluran irigasi ini sudah lama terputus karena pergerakan tanah. Pada waktu itu kami berinisiatif untuk memasang pipa agar air dapat tersalurkan kembali. Meski tidak begitu maksimal sebab volume pipa tidak sebanding dengan debit air tapi air dapat disalurkan,” kata Mirwanda kepada www.sukabumizone.com Senin, (24/08).

Lanjut Mirwanda, belum lama ini saluran Irigasi Cibodas kembali jebol kurang lebih sepanjang 30 meter karena tanah kembali longsor. “Pipa yang sebelumnya terpasang ikut tergerus dan rusak. Sehingga, untuk memulihkan fungsi irigasi ini butuh perhitungan matang dari tenaga ahli. Ya, misalnya pipa yang digunakan dari baja atau drum kemudian di las sehingga lebih kuat dan lebih besar menyalurkan debit air,” paparnya.

Sementara itu, ditanya terkait langkah yang akan dilakukan pemdes ia menjawab, pihaknya telah mengajukan permohonan bantuan melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Sukabumi, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi.

“Alhamdulillah responnya cukup bagus. Dimana, sudah ada bantuan pipa yang diberikan salah satu instansi pemerintah ini. Namun, kami harap pihak pemerintah yang di atas cek lokasi agar lebih memahami langkah apa yang harus diambil untuk memulihkan saluran irigasi agar berfungsi secara maksimal,” pungkasnya. (Sopyan)

Lihat Juga...