Gaya Kepemimpinan Kades Mangkalayan Pantas Diacungi Jempol

Kepala Desa Mangkalaya Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat H Endang Solihin

GUNUNGGURUH — Semangat dan kejujuran Kepala Desa Mangkalaya Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, H.Endang Solihin pantas diacungi jempol. Keberhasilanya dalam memimpin telah menarik simpati masyarakat. Sehingga, tak ayal membuat pria ramah itu sampai saat ini terus dipercaya dan dipilih masyarakat sebagai Kepala Desa.

Saat disambangi www.sukabumizone.com Rabu, (16/09), Endang mengatakan, semangat, kejujuran dan perjuangan tanpa pamrih menjadi modal utamanya dalam memimpin.

“Jika ditanya apa yang menjadi rahasiah keberhasil saya dalam memimpin, tentu jawabannya sangat simpel. Dimana, dalam memimpin saya selalu mengedepankan kejujuran, semangat serta pelayanan tanpa pamrih kepada masyarakat,” kata Endang seraya menyebutkan dirinya telah menjabat sebanyak tiga priode menjadi kepala desa di Kecamatan Gunungguruh sejak 1994.

Menurutnya, tak mudah menjadi seorang pemimpin yang menjadi panutan masyarakat. Ia yakin, seluruh kepala desa berharap demikian. Namun, tentunya kalimat itu lebih mudah dikatakan dari pada diterapkan dalam kehidupan nyata. “Alhamdulillah, dari awal menjabat saya berusaha sekuat tenaga memberikan pelayanan terbaik. Sehingga, membuahkan keyakinan bagi masyarakat untuk tetap memilih saya sampai detik ini,” tuturnya.

Ia mengulas, tiga priode menjadi kepala desa yakni di Desa Cibolang selama dua priode dan Desa Mangkalaya saat ini, membuatnya semakin matang dan dewasa dalam memimpin. “Banyak hikmah dan ilmu yang bisa saya petik. Masa jabatan saya tinggal dua tahun lagi, semoga apa yang saya berikan kepada masyarakat dapat dikenang sebagai amalan yang baik serta menjadi suri tauladan bagi para pemimpin berikutnya,” ujar Endang.

Ditanya terkait keberhasilan program pembangunan di masa jabatanya ia menjawab, seluruh program telah digulirkan sesuai juklak dan juknis serta prosedur yang ditetapkan. “Tentu yang menilai adalah masyarakat yang pasti saya hanya menjalankanya dengan sepenuh hati secara maksimal serta penuh rasa tanggungjawab,” pungkasnya. (Andi)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan