Heboh, Batu Unik Bermotif Garis Ditemukan Warga Desa Sirnaresmi

GUNUNGGURUH — Kepala Desa Sirnaresmi Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, H. Andi Sukandi siap lakukan pengecekan terkait berita viral temuan puluhan batu unik bermotif garis di salah satu media online di Sukabumi belum lama ini.

Dari informasi yang dihimpun www.sukabumizone.com menyebutkan, lokasi penemuan batu tersebut berada di Kampung Padaraang Desa Sirnaresmi Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, berdekatan dengan objek wisata Karang Para.

Salah seoarang pemilik lahan yang pertamakali menemukan batu bermotif tersebut, Ace (35 tahun) mengatakan, puluhan batu unik dengan motif bergaris berada di bukit lahan perkebunan pribadi miliknya.

” Saat pertama kali menemukan bebatuan tersebut sembilan bulan yang lalu saya kaget. Mulanya, saya menemukan bebatuan itu muncul di atas permukaan tanah saat membersihkan kebun,” kata Ace saat dijumpai www.sukabumizone.com di Ruang Kerja Kepala Desa Sirnaremi Jum’at (18/09/2020).

Menurutnya, ketika digali ia tercengang melihat banyak batu berstruktur dan bentuknya tak seperti batu biasa. Ia memutuskan untuk terus menggali yang akhirnya menemukan puluhan bebatuan dengan bentuk yang sama.

“Saya memprediksi batunya tersebar kurang lebih di tanah milik pribadi warga seluas dua hektare,” ungkap Ace.

Ia mengaku, sempat memposting penemuanya itu di medsos dan menuai beragam tanggapan. “Ada yang menyebut bahwa batu itu adalah batu bersejarah bekas reruntuhan kerajaan, sampai ada yang menyebut itu adalah situs megalit seperti Gunung Padang. Ya, untuk informasi pastinya masih belum tahu. Sekarang masih mencari tahu. Kalau ada yang mau penelitian, silahkan saja,” tandasnya.

Di tempat yang sama Kepala Desa Sirnaresmi H. Andi menjelaskan, pihaknya telah memanggil salah seoarang pemilik lahan dan akan terjun langsung ke lokasi untuk memastikan temuan batu bermotif itu.

“Setelah dipastikan kebenarannya, kami akan melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan, Dinas Pariwisata dan tenaga ahli dibidang sejarah dan lainnya. Jadi untuk sementara kami belum bisa berbicara banyak sebelum melihat langsung dimana batu itu berada,” jelas Andi.

Sementara itu Camat Gununggurug Ading Ismail menanggapi, jika penemuan batu bermotif tersebut benar keberadaanya maka, akan sangat berdampak baik bagi perkembangan Desa Sirnaresmi. ” Untuk itu, saya menginstruksikan Kepala Desa Sirnaresmi agar melakukan pengecekan dan menindaklanjuti temuan ini,” pungkasnya. (Andi)

Lihat Juga...