Raden Gani Muhammad Resmi Jadi Pjs Bupati Sukabumi

SUKABUMI KAB — Raden Gani Muhammad resmi menjadi Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sukabumi setelah dikukuhkan Gubernur Jawa Barat Mohammad Ridwan Kamil di Sport Center Jabar, Arcamani, Bandung, Jumat (25/9/2020).

Proses pengukuhan itu dihadiri langsung Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami. Sementara Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono bersama Forkopimda, menyaksikan secara virtual di Pendopo Sukabumi.

Raden Gani Muhammad yang merupakan Kabiro Hukum Kemendagri ini akan menjadi Pjs Bupati Sukabumi sejak 26 September hingga 5 Desember 2020. Hal tersebut dikarenakan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi harus cuti di luar tanggungan negara. Pasalnya mereka mengikuti perhelatan pilkada.

Dalam sambutannya H. Mohammad Ridwan Kamil meminta, Pjs Bupati untuk menjaga kondusifitas sosial dan politik. Termasuk mengendalikan penyebaran covid 19 di daerah yang menjadi tanggungjawabnya masing masing.

“Mohon langsung safari silaturahmi kepada Forkopimda, tokoh agama, masyarakat, dan semua pemangku kepentingan di wilayahnya. Termasuk berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu terkait pentingnya penerapan protokol kesehatan. Tak boleh ada peristiwa yang membuat kerawanan covid 19 meningkat,” ujarnya.

Selain itu, Pjs harus menjaga netralitas ASN. Jangan sampai terjadi pelanggaran dari yang sederhana hingga besar.

“Di akhir tahun ini, jalin relasi dengan legislatif. Urusan APBD 2021 harus aman dan lancar sesuai aturan,” ucapnya.

Pjs pun harus melaporkan perkembangan di setiap daerahnya.

“Ada sekitar 10 pekan menjadi Pjs, jadi setiap pekan melaporkan dinamika di wilayah ke Gubernur dan bisa menjadi pemimpin yang bisa diteladani,” ungkapnya.

Terkait Pilkada, di Jawa Barat, Gubernur mengingatkan bahwa pelaksanaannya selalu kondusif. Sebab kuncinya adalah komunikasi yang baik dan bisa menyelesaikan masalah secara baik.

“Dua rumus itu menjadi kunci keberhasilan dan pengendalian,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono mengatakan, Pjs harus bisa optimal dalam mengawal pilkada maupun upaya pencegahan penyebaran covid 19

“Selamat kepada Pak Gani Kabiro Hukum Kemendagri untuk melaksanakan tugas harian sebagai Pjs Bupati Sukabumi. Semoga bisa menjalankan tugas dengan lancar dan optimla,” bebernya

Berkaitan perhelatan Pilkada, menurut H. Adjo memang di Kabupaten Sukabumi selalu kondusif. Namun dirinya tetap mengajak semua pihak agar menjaga pelaksanaannya berjalan baik, lancar dan sukses.(Ismatullah)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan