Pemdes Cibolang Layani Persyaratan Pengajuan BPUM

 

GUNUNGGURUH — Pemerintah Desa (Pemdes) Cibolang Kecamatan Gunugguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, layani masyarakat menengah ke bawah untuk pembuatan pengajuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Program Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) di Kantor Desa Cibolang Senin, (19/10/2020).

Kepala Desa (Kades) Cibolang Pepen Supendi melalui Sekretaris Desa (Sekdes) Cibolang Ujang Supyandi mengatakan, program UMKM yang dilaksanakan tersebut merupakan gelombang tahap kedua.

“Di sini kami hanya melayani masyarakat yang hendak membuat Surat Keterangan Usaha (SKU) rumahan menegah ke bawah dengan persyaratan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli yang mengajukan, bergerak dibidang usaha apa, sudah berapa lama usaha itu di kelola dan nomer kontak orang yang mengajukan SKU, ” kata Ujang kepada www.sukabumizone.com Senin, (19/10).

Ia menjelaskan, program Bantuan Presiden (Banpres) UMKN yang diselenggarakan itu bekerja sama dengan pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan dikelola oleh Koperasi BPUM yang bertujuan untuk mendorong para pengusaha kecil menengah ke bawah agar kegiatan usahanya tetap berjalan di masa covid-19.

“Setelah masyarakat membuat SKU dengan menyertakan NIK dan Nomer HP lalu, kami menyerahkan pengajuan tersebut ke instansi terkait. Ya, tinggal masyarakat menunggu konfirmasi pencairan melaui SMS dari pusat ke nomer kontak masing-masing agar menerima kode pencairan,” jelasnya.

Ia berharap, Banpres UMKM dapat memabantu meningkatkan usaha rumahan para penerima manfaat. “Mudah-mudahan, para penerima UMKM ini dapat merealisasikan bantuan sesuai dengan pengajuan. Sehingga, usahanya tetap berjalan dan senantiasa bisa mencukupi kebutuhan hidup masing-masing,” pungkasnya.(Kusnandar)

 

Lihat Juga...