Akibat Hujan Deras, Satu Unit Rumah Warga Desa KarangjayaTerancam Longsor

GEGERBITUNG — Hujan deras yang terus menerus mengguyur wilayah Gegerbitung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, mengakibatkan satu unit rumah di Kampung Sindang Hayu RT/22/01 Desa Karangjaya Kecamatan Gegerbitung, terancam gerusan tanah longsor Minggu, (25/10/2020).

Kepala Desa (Kades) Karangjaya Aam Gurniawan melalui Kepala Dusun (Kadus) Tegal Tengah Kusmana mengatakan, rumah yang teracam longsor akibat hujan deras merupakan milik Rita.

“Rumah Rita ini, dibangung persia dekat tebing yang memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter. Kami memperoleh informasi bahwa pondasi rumah Rita terkikis pada Sabtu malam sekitar pukul 20.00 WIB, ” kata Kusmana Kepada www.sukabumizone.com Minggu, (25/10).

Ia mejelaskan, setelah mendapat laporan Pemdes langsung berkoordinasi dengan pihak Bandan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kecamatan Gegerbitung untuk penanganan lebih lanjun. “Selain itu, pihak desa juga sudah mengevakuasi pemilik rumah ke tempat yang lebih aman. Hal itu dilakukan untuk menghindari adanya longsor susulan,” jelasnya.

Ia berharap, sebelum ada kejadian yang lebih patal pihak terkait secepatnya melakukan penanganan secara khusus.

“Mudah-mudahan, peristiwa serupa tidak terjadi di wilayah yang lain di Desa Karangjaya ini. Selain itu, kamu juga mengimbau kepada seluruh masyarakat tetap waspada terhadap bencana di sekeliling kita, sebab sekarang sudah masuk musim penghujan,” pungkasnya. (Kusnandar)

Lihat Juga...