Ratusan Anggota KPPS dan Pamsung di Desa Cikujang Jalani Rapid Tes

GUNUNGGURUH — Demi terselenggaranya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 kondusif di tengah wabah Covid-19. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, lakukan rapid tes kepada ribuan Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan pengamanan langsung (Pamsung) sejak Selasa, (24/11/2020) kemarin.

Di Desa Cikujang Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi misalnya, ada sebanyak 162 KPPS dan Pamsung dari 18 Tempat Pemungutan Suara (TPS) menjalani rapid tes sebagai salah satu prosedur yang wajib dijalani para anggota.

Kepala Desa Cikujang Heni Mulyani melalui Kasi Pem Desa Cikujang Ade Irma mengatakan, rapid tes yang dilaksanakan saat ini merupakan salah satu langkah KPU untuk menditeksi dini bila ada anggota yang terpapar sebelum Pilkada dimulai.

” Kami selaku Pemerintah Desa (Pemdes) mengapresiasi dan menyambut positif dengan adanya rapid tes anggota KPPS dan Pamsung. Hal itu, bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam pelaksanaan Pilkada nanti. Sebab, mereka adalah ujung tombak yang akan langsung bersentuhan dengan masyarakat,” kata Ade saat disambangi www.sukabumizone.com Kamis, (26/11/2020).

Ia berharap, semoga seluruh anggota KPPS dan Pamsung Desa Cikujang tidak ada yang reaktif apalagi positif covid-19. “Selain itu, siapapun yang terpilih menjadi pemimpin nanti semoga bisa amanah bisa membawa Sukabumi ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gunungguruh Dendi Daenuri menjelaskan, rapid tes yang dilaksankan saat ini merupakan hari ketiga di Kecamatan Gunungguruh sejak 24 Nopember 2020 kemarin.

“Pada hari terakhir ini, kami melakukan rapid tes di dua desa yakni, Desa Cikujang dan Desa Cibentang. Di mana, ada 18 TPS di Desa Cikujang dan 8 TPS di Desa Cibentang, sementara di masing-masing TPS terdapat 7 KPPS dan 2 Anggota Pamsung yang wajib menjalani rapid tes. Sehingga, total KPPS dan Pamsung yang menjalani rapid tes hari ini adalah 234 orang,” jelasnya.

Menurut Dendi, rapid tes yang dilakukan bekerjasama dengan Puskesmas Gunungguruh. “Untuk itu, atas nama PPK Gunungguruh kami mengucapkan terimakasih kepada tim kesehatan khususnya Puskesmas Gunungguruh yang telah mensukseskan rapid tes dari awal sampai akhir demi terselenggaranya Pilkada 2020 aman, nyaman dan sehat sesuai protokol kesehatan,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Pukesmas Gununggruh Dedi Setiadi menambahkan, sesuai instruksi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi pihaknya telah melaksanakan rapid tes di wilayah kerja Kecamatan Gunungguh. Selain itu, dari awal tanggal pelaksanaan rapid tes pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak seperti, Gugus Tugas Kecamatan Gunungguruh, PPK Gunungguruh dan KPPS yang tersebar di seluruh TPS yang ada di Kecamatan Gunungguruh.

“Alhamdulillah, hari ini adalah hari terakhir kami melakukan rapid tes. Sementara, terkait hasil dari rapid tes akan kami serahkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi. Kami hanya menjalankan tugas teknis saja,” pungkasnya. (Andi)

Lihat Juga...