Di Desa Mangkalaya, Proses Pembagian BST Kemensos Tahap Sepuluh 2021 Berjalan Lancar

GUNUNGGURUH — Pemerintah Desa (Pemdes) Mangkalaya Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, pantau proses pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial (Kemnsos) tahapa sepuluh 2021. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Desa Mangkalaya itu, turut dihadiri Kepala Desa Mangkalaya, BPD, Babainsa, Babinmas dan unsur lainnya Kamis, (14/01/2021).

Kepala Desa Mangkalaya Endang Solihin kepada www.sukabumizone.com mengatakan, terdapat 144 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ditetapkan Kemensos di bulan pertama 2021 ini.

“Bantuan yang diberikan di tahap ini sebesar Rp 300 ribu per KPM,” kata Endang disela-sela kegiatan berlangsung Kamis, (14/01).

Menuturnya, BST Kemensos dibagikan PT Pos langsung ke tangan para KPM. ” Sementara kami hanya menyediakan tempat dan membantu berjalannya pembagian,” tuturnya.

Proses pembagian lanjut Endang, berjalan kondusif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Porokes) yang di tetapkan pemerintah. ” Di anataranya, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan untuk mecegah penularan Covid-19,” ujarnya.

Ia berharap, bantuan bisa bermanfaat bagi masyarakat yang beruntung menerimanya. “Dan Covid-19 segera berlalu agar aktivitas kembali normal,” harapnya.

Di akhir perbincangan, sedikit disinggung terkait rencana vaksinasi di Desa Mangkalaya. Ia menjawab, pemdes telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. “Meski hasilnya bervariatif, ada yang pro dan ada yang kontra. Namun, setelah diberi pemahaman akhirnya mereka mau dan akan mentaati peraturan pemerintah itu,” singkatnya.

Di tempat terpisah Camat Gunungguruh Ading Ismail meminta, pemdes serta aparat keamanan selalu mendampingi proses pembagian bantuan yang mengundang adanya kerumunan di satu tempat. ” Hal itu, wajib dilakukan untuk mencegah munculnya klaster baru Covid-19,” tandasnya.

Ia juga berharap, semoga bantuan yang diberikan bermanfaat bagi masyarakat rentan miskin terdampak virus mematikan itu. ” Gunakan bantuan dari pemerintah sebaik mungkin walaupun nilainya tidak seberapa. Mari kita bersama-sama bahu membahu memutus mata rantai penyebaran Covid-,19 dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan,” pungkasnya.(Andi)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan