Pemdes Kebonmanggu Awasi Proses Pembagian BST Kemensos Tahap Sepuluh 2021

GUNUNGGURUH — Di Desa Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Pemerintah Pusat tahap sepuluh 2021 direalisasikan di Gedung Olahraga Desa Kebonmanggu Kamis, (14/01/2021).

Kepala Desa (Kades) Kebonmanggu Rasnita mengatakan, BST Kemensos bulan pertama itu direalisasikan langsung oleh PT Pos kepada 484 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dibantu perangkat desa.

“Kami di sini, bertugas memfasilitasi dan membantu penyaluran bantuan kepada para KPM, didampingi Babinsa, Bhabinkamtibmas dan unsur lainnya, ” kata Rasnita kepada www.sukabumizone.com Kamis, (14/01).

Ia menjelaskan, BST Kemesos bulan pertama yang didistribusikan berupa uang tunai sebesar Rp 300 ribu per-KPM. “Bantuan uang tunai yang diluncurkan Pemerintah Pusat merupakan salah satu upaya untuk membantu ekonomi masyarakat rentan miskin dampak dari covid-19. Dan bantuan ini merupakan bantuan lanjutan dari tahun 2020,” jelasnya.

Menurut Rasnita, kuota penerima BST Kemensos tahap sepuluh 2021 ada pengurangan dari awalnya sebanyak 504 KPM menjadi 484 KPM. ” Yang saya ketahui, pengurangan angka penerima ini disebabkan data dobel, ” tuturnya.

Ia berharap, pemerintah pusat menyalurkan bantuan berdasarkan data yang telah diajukan Pemdes. ” Sehingga, bantuan akan lebih tepat guna dan tepat sasaran,” tandasnya.

Di tempat terpisah Camat Gunungguruh Ading Ismail meminta, pemdes serta aparat keamanan selalu mendampingi proses pembagian bantuan yang mengundang adanya kerumunan di satu tempat. ” Hal itu, wajib dilakukan untuk mencegah munculnya klaster baru Covid-19,” tandasnya.

Ia juga berharap, semoga bantuan yang diberikan bermanfaat bagi masyarakat rentan miskin terdampak virus mematikan itu. ” Gunakan bantuan dari pemerintah sebaik mungkin walaupun nilainya tidak seberapa. Mari kita bersama-sama bahu membahu memutus mata rantai penyebaran Covid-,19 dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan,” pungkasnya.(Andi)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan