Sebanyak 267 KPM di Desa Cibolang Sumringah Terima BST Kemensos Tahap Sepuluh 2021

GUNUNGGURUH — Pemerintah Desa (Pemdes) Cibolang Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, bersama PT Pos bagikan ratusan Bantuan Sosial Tunai (BST) bulan pertama 2021 dari Kementerian Sosial di Gedung Serbaguna Desa Cibolang Kamis, (14/01/2021).

Kepala Desa (Kades) Cibolang Pepen Supendi melalui Bendahara Desa Cibolang Nia mengatakan, BST dari Pemerintah Pusat melalui Kemensos langsung disalurkan PT Pos kepada 266 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Dalam pendistribusian bantuan ini, kami di dampingi Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pendamping Lokal Desa (PLD), Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” kata Nia kepada www.sukabumizone.com Kamis, (14/01).

Ia menjelaskan, uang tunai yang diberikan kepada para penerima manfaat dari BST Kemensos sebesar Rp 300 ribu per-KPM. “BST yang diberikan bertujuan untuk meringan beban finansial masyarakat di masa covid-19 sesuai Data Nomonatif (Danom) yang ada,” jelasnya.

Ia berharap, situasi pandemi covid-19 segera barakhir agar semua kegiatan berjalan lancar terutama perekonomian cepat stabil. “Itulah harapan kami dan mudah-mudahan uang ini bermanfaat serta digunakan dengan baik sesuai kebutuhan masing-masing,” harapnya.

Sementara itu, Petugas dari PT Pos Sukabumi sebagai juru bayar BST di Desa Cibolang Dede Hendrawan menjelaskan, PT Pos telah menerjunkan petugas ke setiap desa sebanyak dua orang di Kecamatan Gunungguruh. “Termasuk kami yang ditugaskan membagikan BST di desa ini,” jelasnya.

Menurutnya, proses pembagian berjalan lancara. ” Kami membagikan bantuan kepada para KPM sesuai Danom dan surat tugas,” tuturnya.

Di tempat terpisah Camat Gunungguruh Ading Ismail meminta, pemdes serta aparat keamanan selalu mendampingi proses pembagian bantuan yang mengundang adanya kerumunan di satu tempat. ” Hal itu, wajib dilakukan untuk mencegah munculnya klaster baru Covid-19,” tandasnya.

Ia juga berharap, semoga bantuan yang diberikan bermanfaat bagi masyarakat rentan miskin terdampak virus mematikan itu. ” Gunakan bantuan dari pemerintah sebaik mungkin walaupun nilainya tidak seberapa. Mari kita bersama-sama bahu membahu memutus mata rantai penyebaran Covid-,19 dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan,” pungkasnya.(Andi)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan