Tujuh Unit Rumah Warga di Desa Bantargadung Rusak Akibat Pergerakan Tanah

BANTARGADUNG — Pergerakan tanah kembali terjadi di Kampung Linggaresmi RT 05/04 Desa Bantargadung Kecamatan Bantargadung Kabupaten Sukabumi Jawa, Barat.

Kepala Desa (Kades) Bantargadung Edeh Kurniasih mengatakan, setelah menerima laporan ada pergerakan tanah di wilayahnya, ia beserta Babinkamtibmas, Babinsa, Muspika Bantargadung dan P2BK Bantargadung, langsung meninjau lokasi bencana tersebut.

” Setelah saya cek kelokasi bersama tim Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini dan dari dampak terjadinya pergeseran tanah ini ada 7 unit rumah rusak, untuk kerugian akibat ditaksir mencapai Rp.300 juta rupiah. Dari keterangan yang saya terima kejadian itu terjadi pada Minggu sekitar Pukul 21.00 WIB,” kata Edeh kepada www.sukabumizone.com Selasa, (23/02/2021).

Ia menjelaskan, pergerakan tanah di kampung tersebut bukan yang pertama kali terjadi, sebelumnya juga pernah terjadi namun dampaknya tidak separah saat ini.

“Memang di lokasi ini kultur tanahnya labil ditambah guyuran hujan yang tinggi beberapa hari ini telah memicu terjadinya pergerakan tanah,” ujar Edeh.

Ia mengimbau, seluruh warga yang terkena dampak agar mengugsi sementara waktu ke rumah tetangga atau sanak saudara yang lokasinya lebih aman. ” Kami juga berharap kepada pemerintah terkait agar menyalurkan bantuan kepada warga yang telah menjadi korban dari musibah ini, ” pungkasnya.(Ginda Ginanjar)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan